5 Bahan Alami untuk Menghasilkan Body scrub Terbaik

5 Bahan Alami untuk Menghasilkan Body scrub Terbaik

Memiliki kulit yang cerah menjadi idaman kaum wanita. Segala cara dilakukan agar bisa mendapatkan kulit impian tersebut, seperti menggunakan body lotion yang memiliki efek mencerahkan, mengonsumsi suplemen pencerah kulit, hingga melakukan perawatan di spa. Cara-cara tersebut memang dapat mencerahkan kulit, namun sayangnya kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit tersebut bekerja kurang maksimal apabila sel-sel kulit mati masih menumpuk di permukaan kulit. Salah satu cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut adalah dengan rutin menggunakan body scrub terbaik untuk tubuh. 

Body scrub terbaik bisa terbuat dari kopi, bahkan gula dan ekstrak buah

Butiran kasar yang terkandung dalam body scrub dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya kulit terlihat lebih cerah dan halus. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan body scrub setiap hari karena dapat menyebabkan kulit iritasi. Cukup gunakan 1-2 kali seminggu.

Bagi Anda yang ingin mencoba body scrub, Anda bisa membuatnya sendiri atau membeli di pasaran. Namun, sebelum membeli, sebaiknya Anda mengetahui bahan-bahan yang sering digunakan untuk menghasilkan body scrub terbaik. Sebab beda bahan beda pula manfaat yang didapatkan. Berikut 5 bahan pembuatan body scrub

  1. Sugar Body scrubs

Bahan yang satu ini adalah bahan yang paling banyak digunakan dalam pembuatan body scrub terbaik. Memiliki butiran yang lebih halus dibandingkan garam, membuat sugar body scrub aman digunakan oleh kulit sensitif asalkan Anda tidak terlalu kasar menggosokannya ke kulit. Selain itu, gula juga terkenal sebagai sumber alami dari glycolic acid yang mana bagus untuk menjaga kelembapan serta mencerahkan kulit. 

  1. Salt Body scrubs

Meskipun memiliki butiran yang lebih kasar dibandingkan gula, namun garam juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti sifat antibakterinya yang dapat mengatasi kulit berjerawat. Kandungan magnesium pada garam juga dapat mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, memijat kulit dengan garam dapat melancarkan peredaran darah. Alhasil, Anda tidak hanya mendapatkan kulit yang cerah saja, tapi juga tubuh yang rileks.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan scrub berbahan dasar garam ini karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi. Namun, jika Anda memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat baik di punggung maupun wajah, salt body scrub terbaik adalah pilihan yang tepat. 

  1. Coffee Body scrubs

Tidak hanya diminum, ternyata kopi juga bisa dijadikan body scrub. Sejumlah manfaat pun bisa Anda dapatkan, di antaranya dapat mengurangi inflamasi, mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi kulit, dan mengencangkan kulit. Memijat pelan area sekitar mata dengan menggunakan kopi juga dapat menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Dilansir dari Healthline kandungan kafein dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah di area sekitar mata pun lebih lancar. 

  1. Grain Body scrubs

Produk body scrub dengan bahan utama grain seperti oat, quinoa, barley, dan biji-bijian adalah pilihan body scrubs terbaik untuk kulit kering. Kenapa? Karena kandungan antioksidan dan sifatnya yang melembabkan sehingga dapat memberikan kelembapan dan melembutkan kulit kering. Sayangnya, body scrub berbahan grain ini masih jarang ditemui, tapi Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

  1. Charcoal Body scrubs

Sebelum membahas manfaat charcoal untuk kulit, Anda perlu mengetahui bahwa charcoal 

disini bukanlah arang yang biasa digunakan untuk menyalakan bara api melainkan activated charcoal (arang aktif) yang berasal dari bahan-bahan alami dan diaktifkan dengan menggunakan suhu yang tinggi. Arang aktif dipercaya dapat menyerap racun yang ada di dalam tubuh, mengatasi jerawat, hingga mengatasi bau badan. Anda tertarik mencobanya? 
Itulah 5 bahan alami yang sering digunakan dalam pembuatan body scrub. Pastikan Anda memilih body scrub terbaik dan berbahan alami sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Dari 5 bahan tersebut, manakah yang menjadi favorit Anda?

Leave a Reply