Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Simak Pilihannya

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Simak Pilihannya

Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Simak Pilihannya

Mau olahraga untuk menjaga kebugaran? Jangan lupa untuk melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Ini guna menghindarkan Anda dari risiko cedera yang sangat mungkin terjadi selama Anda melakukan aktivitas olahraga tersebut. 

Cedera saat olahraga umumnya disebabkan oleh kondisi otot yang kaku. Dengan melakukan gerakan pemanasan, otot-otot akan menjadi lebih lentur sehingga Anda bisa bergerak lebih leluasa. Melakukan pemanasan sebelum olahraga juga bisa menambah energi sehingga Anda lebih bersemangat menjalankan olahraga. 

Tips Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

Model gerakan pemanasan sebelum olahraga sendiri banyak macamnya. Berikut ini adalah beberapa tipe pemasaran yang umumnya biasa dilakukan oleh orang-orang. Kira-kira yang mana yang Anda pilih sebagai peregangan otot Anda sebelum olahraga? 

Pemanasan Dinamis 

Rata-rata gerak pemanasan bersifat statis di mana pergerakannya sangat sedikit dan cenderung hanya membuat tubuh ke posisi tertentu. Namun, tidak demikian dengan pemanasan dinamis. Tipe pemanasan sebelum olahraga ini lebih menyerupai peregangan yang geraknya mirip dengan saat Anda melakukan olahraga itu sendiri. 

Peregangan dinamis memakai konsep menggerakkan bagian tubuh terus-menerus sampai otot menjadi lentur. Walaupun mirip dengan olahraga inti, nyatanya pemanasan dinamis memakai gerakan yang lebih lambat. Beberapa contoh pemanasan dinamis, antara lain gerakan seperti mengayuh sepeda juga jogging. Model pemanasan ini bisa membantu membangun kekuatan, mobilitas, dan koordinasi. 

Peregangan Kaki

Saat berolahraga, hampir seluruh beban tubuh ditekan ke bagian bawah atau area kaki. Karena itulah, sangat penting untuk melakukan pemanasan di area kaki supaya tidak terjadi cedera yang tidak diharapkan. Yang dimaksud peregangan kaki sendiri adalah peregangan di area telapak kaki, betis, sampai pangkal paha. 

Contoh gerakan peregangan kaki, seperti squat ataupun lunge. Model gerakan pemanasan sebelum olahraga ini bermanfaat mencegah kram kaki sampai menghindarkan Anda dari cedera. 

Peregangan Lengan 

Peregangan lengan harus menjadi komponen kunci untuk rutinitas latihan Anda, terutama sebelum dan sesudah latihan tubuh bagian atas. Fokuskan peregangan lengan pada bagian bisep, trisep, dan lengan bawah Anda. 

Menjadikan dinding sebagai media untuk melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga di area tangan patut dipertimbangkan. Cara pemanasannya sendiri, Anda hanya perlu meletakkan satu tangan di dinding dan perlahan menjauh dari dinding. Anda akan merasa ada tarikan yang kuat pada bisep Anda. Pindahkan tangan Anda lebih tinggi, maka tarikan yang sama akan terasa di area trisep maupun lengan bawah Anda. 

Peregangan Pinggul

Pinggul yang kaku bukan hanya tidak nyaman, melainkan juga dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa untuk punggung sampai kaki Anda. Biasanya, pinggul yang mengencang atau kaku disebabkan Anda kurang gerak. Duduk seharian di kursi bisa menjadi penyebab pinggul kaku yang utama. 

Tentunya ketika mau berolahraga, pinggul kaku ini harus dihilangkan. Anda bisa melakukan peregangan pinggul dengan gerakan pemanasan yang sama untuk kaki. Gerakan lunge dan high-planks sendiri merupakan contoh peregangan terbaik untuk pinggul Anda. Dijamin, pinggul Anda akan lebih luwes setelah melakukan gerakan-gerakan tersebut. 

Peregangan Punggung 

Punggung bisa dibilang menjadi penopang kunci dari tubuh Anda. Ketika punggung sakit, seluruh tubuh bisa terasa sakit. Karena itulah, sangat penting untuk menghindarkan area tubuh dari risiko cedera ketika Anda berolahraga. Pemanasan area punggung bisa dilakukan dengan gerakan memutar. Ini akan sangat berpengaruh pada kelenturan area punggung bawah, atas, sampai ruang di antara tulang belikat Anda. 

Untuk melakukan peregangan ini, caranya tidak sulit. Luruskan kedua kaki Anda kemudian taruh tangan di pinggul. Putar area tulang belakangan dalam beberapa kali agar fleksibilitasnya meningkat. Anda bisa memulai putaran searah jarum jam untuk beberapa kali hitungan. Jangan lupa untuk melakukan putaran dengan jumlah yang sama ke arah yang berlawanan.  Gerakan kayang juga bisa menjadi pemanasan yang baik untuk area punggung Anda. 

*** 

Anda mungkin bertanya-tanya, gerakan pemanasan sebelum olahraga mana yang terbaik? Tentu saja yang terbaik adalah melakukan semua model peregangan agar. Soalnya ketika olahraga, seluruh bagian tubuh Anda akan relatif bergerak.

Leave a Reply