Ketahui Prosedur USG Perut di Klinik Prodia Salatiga

Ketahui Prosedur USG Perut di Klinik Prodia Salatiga

USG atau pemindaian menggunakan ultrasound atau gelombang suara frekuensi tinggi dilakukan untuk menangkap gambar dan video dari dalam tubuh. USG perut yang merupakan salah satu layanan di Klinik Prodia Salatiga ini dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan pada organ, jaringan, dan pembuluh darah atau mendeteksi massa abnormal, seperti tumor dari organ dan struktur lain di daerah abdomen (perut).

USG aman dan tidak menyakitkan. Mereka juga semakin umum. Gambar ultrasound ditangkap secara real time. Mereka mampu menunjukkan struktur dan pergerakan organ dalam serta darah yang mengalir melalui pembuluh darah. Tes ini adalah yang paling umum digunakan untuk melihat dan memeriksa janin pada wanita hamil, tetapi juga memiliki banyak kegunaan klinis lainnya.

Kegunaan USG Perut

Ultrasonografi perut digunakan untuk memeriksa organ utama di dalam rongga perut. Organ-organ ini termasuk kantong empedu, ginjal, hati, pankreas, dan limpa. Selain itu, jika Anda adalah seorang pria yang berusia antara 65 dan 75 tahun dan merokok atau pernah merokok, Anda juga direkomendasikan untuk melakukan USG perut untuk memeriksa aneurisma aorta perut. 

USG perut juga dapat dilakukan dalam waktu dekat, jika dokter mencurigai Anda memiliki salah satu kondisi seperti:

  • pembekuan darah
  • pembesaran organ (seperti hati, limpa, atau ginjal)
  • terdapat cairan di rongga perut
  • batu empedu
  • pankreatitis
  • penyumbatan ginjal atau terdapat kanker
  • batu ginjal
  • kanker hati
  • radang usus buntu
  • tumor.

Risiko USG Perut

Tidak seperti sinar-X atau CT scan, ultrasonografi perut seperti yang menjadi salah stau layanan dari Klinik Prodia Salatiga, justru tidak memiliki risiko, karena tidak menggunakan radiasi, itulah sebabnya dokter lebih suka menggunakan USG perut untuk memeriksa perkembangan bayi pada wanita hamil.

Tak hanya itu, USG juga dapat dilakukan untuk memberikan gambar janin secara real-time. Akan tetapi, meskipun gambarnya bisa menjadi kenang-kenangan yang menarik bagi calon orang tua, tapi sebaiknya orang tua untuk melakukan pemindaian ultrasound hanya jika ada kebutuhan medis tertentu saja. 

Hingga kini masih tidak ada bukti bahwa pencitraan ultrasound dan monitor detak jantung menyebabkan kerusakan pada janin. Namun, dokter masih belum bisa memastikan bahwa tidak ada lagi risiko jangka panjang. USG juga dapat memanaskan sedikit jaringan di perut. Dalam beberapa kasus, USG dapat membuat gelembung yang sangat kecil di beberapa jaringan. Akan tetapi, efek jangka panjang dari hal tersebut masih tidak diketahui.

Prosedur USG Perut

Sebelum USG perut, Anda akan diminta untuk mengganti pakaian rumah sakit dan melepas perhiasan atau benda lain yang mungkin mengganggu pemindaian. Setelah itu, Anda akan diminta berbaring di atas meja dengan perut terbuka. Teknisi ultrasound (sonographer) akan memberikan pelumas khusus pada perut Anda. Gel tersebut dipakai untuk mencegah terbentuknya kantong udara di antara kulit dan transduser ultrasound, yang terlihat seperti mikrofon.

Transduser akan mengirimkan gelombang suara frekuensi tinggi ke seluruh tubuh Anda. Gelombang ini terlalu tinggi untuk didengar oleh telinga manusia. Tapi gelombangnya bergema saat menghantam benda padat, seperti organ atau bayi.

Jika Anda mengalami rasa sakit di perut, Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman selama USG. Pastikan untuk memberi tahu teknisi Anda segera jika rasa sakitnya menjadi parah.

Faktor atau kondisi tertentu dapat mengganggu hasil USG, termasuk:

  • obesitas parah
  • makanan di dalam perut
  • barium (cairan yang Anda telan dalam beberapa tes yang membantu dokter melihat perut dan saluran pencernaan Anda) sisa di usus dari prosedur barium baru-baru ini
  • gas usus berlebih.

Setelah itu, saat pemindaian selesai, teknisi akan membersihkan gel dari perut Anda. Prosedur ini biasanya berlangsung kurang dari 30 menit.

Jika Anda memerlukan prosedur USG perut Anda bisa mendapatkannya di klinik seperti Prodia Salatiga yang berlokasi di Jalan Brigjend. Sudiarto No. 18 A, Mangunsari, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50721. Klinik Prodia Salatiga memiliki jam operasional mulai hari Senin sampai Jumat pukul 06.30-18.00 dan hari Sabtu pukul 06.30-16.00.

Leave a Reply