Manfaat Minyak Cendana yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Cendana yang Baik Untuk Kesehatan

minyak cendana

Minyak cendana sering ditemukan di banyak parfum dan penyegar udara. Minyak cendana memiliki aroma klasik dari pohon. Minyak cendana menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan. Minyak cendana berasal dari kayu dan akar album Santalum, atau pohon cendana India Timur, yang merupakan salah satu pohon paling berharga di dunia. 

Minyak cendana sering digunakan untuk pengobatan alternatif dan membantu mengobati masalah kesehatan tertentu. Lebih lengkapnya berikut ini beberapa manfaat dari minyak cendana Mustika Ratu yang bisa Anda dapatkan.

1. Antiseptik

Minyak cendana bekerja sebagai agen antiseptik yang aman dan efektif untuk digunakan baik secara eksternal maupun internal. Mengoleskan minyak cendana secara eksternal dapat mengobati jerawat, luka, bisul, dan jerawat yang berkembang menjadi infeksi atau menjadi septik.

2. Antiinflamasi

Minyak cendana sangat efektif sebagai agen anti-inflamasi yang kuat. Bukti menunjukkan bahwa minyak cendana menunjukkan efek dingin yang menenangkan dan memberikan bantuan instan dari peradangan di otak, pencernaan, saraf, peredaran darah dan sistem ekskresi karena demam, overdosis antibiotik, gigitan serangga atau luka.

3. Relaksan alami

Minyak cendana memiliki potensi besar untuk bekerja sebagai relaksan alami dan obat penenang terhadap kejang. Studi menunjukkan bahwa minyak cendana mampu melemaskan saraf, otot yang menyembuhkan kejang dan kontraksi. Selain itu, efektif dalam mengobati kram, pilek dan nyeri. Minyak cendana melemaskan otot-otot usus dan perut, meningkatkan pembuangan gas dan mencegah pembentukan gas berlebih.

4. Menurunkan tekanan darah

Kehadiran agen hipotensi dalam minyak cendana membantu dalam menurunkan tekanan darah. Minyak cendana yang dapat dimakan dapat diminum dengan susu atau cairan lain untuk mengatur tekanan darah. Ini berfungsi dengan baik untuk menurunkan hipertensi bahkan ketika itu diterapkan secara eksternal.

5. Menurunkan stress

Minyak cendana dikenal untuk memberikan ketenangan. Aroma kayu yang hangat dan menyegarkan dari minyak membantu Anda merasa lebih rileks dan menenangkan pikiran. Ini adalah salah satu minyak esensial terbaik yang membantu mengendalikan emosi Anda dan meningkatkan keharmonisan dan kedamaian. Gosokkan minyak cendana di pergelangan tangan, pergelangan kaki atau hirup langsung untuk menurunkan stres dan kecemasan.

6. Menyembuhkan luka

Minyak cendana memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus dan antijamur yang kuat. Tidak hanya digunakan untuk menghilangkan bakteri dan kuman dari tubuh tetapi juga secara efektif mengobati luka dan meningkatkan mekanisme penyembuhan. Komponen bioaktif yang ada dalam kulit kayu ajaib ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti luka, bisul, jamur kulit, dll.

7. Meningkatkan kecantikan

Sifat antioksidan dari minyak esensial yang diperoleh dari kulit kayu cendana ini banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Artinya, secara efektif mengais radikal bebas dari kulit dan mengurangi kerusakan oksidatif. Minyak cendana juga mampu mengeluarkan racun dari lapisan dalam kulit, meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan mengobati berbagai infeksi kulit seperti jerawat, jerawat, ruam, dan bisul.

Efek samping

Minyak cendana dianggap aman apabila Anda menggunakannya sebagai aromaterapi atau penggunaan topikal dalam waktu yang jarang atau sesekali. Karena itu, minyak tidak boleh dioleskan ke kulit dengan terlalu banyak. Kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam (dermatitis kontak), dan bahkan luka bakar akibat bahan kimia. Bahkan paparan aroma cendana yang terlalu lama atau berlebihan dapat memicu peningkatan tekanan darah dan detak jantung. 

Minyak cendana juga dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang, paling sering bila dioleskan ke kulit. Hentikan penggunaan minyak cendana jika mengalami efek samping berlebih dan hubungi segera dokter jika Anda mengalami ruam atau gejala alergi lainnya. Minyak cendana tidak boleh digunakan pada anak-anak. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengoleskannya ke kulit. 

Leave a Reply