Obat Flu Alami yang Aman untuk Anak

Obat Flu Alami yang Aman untuk Anak

Obat Flu Alami yang Aman untuk Anak

Flu dapat menyerang siapa saja tanpa kenal kondisi dan usia. Anak-anak pun tak terlepas dari serangan flu. Terlebih di masa pandemi ini, ciri flu dan Covid-19 yang hampir sama membuat kehadiran penyakit ini semakin perlu diperhatikan. Kondisi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan membuat tak semua obat flu yang dijual bebas dapat dikonsumsi.

Terlebih bagi bagi anak-anak yang baru lahir hingga usia 6 bulan di mana asi menjadi begitu penting bagi mereka. Untuk itu perlu obat flu alami yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Tindakan pencegahan pun juga turut mengambil andil di dalamnya. Berikut ada obat flu alami yang aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Obat flu alami untuk anak

ASI

ASI menjadi obat flu alami paling utama bagi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan. Tak hanya menghidrasi, asi juga mengandung antibodi yang membuat tubuh kebal terhadap segala jenis kuman dan virus, termasuk virus flu dan pilek. 

Bawang putih dan Ajwain

Bawang putih dan ajwain mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang bagus untuk mengobati flu dan batuk pada anak. Cara memakainya adalah dengan mencampurkan 2 siung bawang putih dan 1 sendok ajwain, panggang hingga kering. 

Setelah dingin, masukkan ke dalam kain muslin dan ikat erat-erat. Letakkan pada jarak yang aman dari tempat tidur bayi (bukan di atas tempat tidur bayi atau di bawah tempat tidur) agar aromanya memberikan kenyamanan pada bayi. 

Kantong ini akan membantu membersihkan penyumbatan yang mungkin dialami bayi karena pilek. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggosokkan kantong ini pada telapak kaki bayi.

Panikoora

Panikoora adalah tanaman tahunan yang ditemukan di bagian selatan India. Tanaman ini memiliki daun aromatik yang dapat Anda panaskan dan keringkan di atas kompor. Setelah dingin, Anda bisa meletakkan daun tersebut di dahi bayi. Daun yang terdehidrasi ini akan menyerap kelembaban dari tubuh bayi dan membantu menyingkirkan pilek dan batuk. Tanaman ini juga membantu mengeluarkan dahak.

Minyak mustard yang diresapi dengan bawang putih dan ajwain

Minyak mustard, juga bisa ditambahkan dengan bawang putih dan ajwain. Ketiganya memiliki sifat antibakteri dan antivirus serta memiliki efek menenangkan pada bayi karena mengurangi hidung tersumbat. 

Panaskan 1/4 cangkir minyak mustard dan tambahkan 2 siung bawang putih yang dihancurkan dan ajwain ke dalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dari kompor. Pijat minyak ini di dada bayi dan di bawah kakinya.

Pasta kunyit 

Sifat antivirus dan antibakteri pada kunyit dapat membantu meredakan gejala pilek. Bakar kunyit hingga kering di atas kompor lalu buat pasta dengan menambahkan sedikit air. Oleskan pasta tersebut pada pangkal hidung bayi bukan di dalamnya untuk memberikan kelegaan nafas pada bayi.

Jus Wortel

Wortel mengandung nutrisi penting dan vitamin yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wortel dapat menjadi salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengobati pilek pada balita. Untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas atau yang sudah diperkenalkan makanan padat, dapat mengonsumsi bubur wortel. Sedangkan untuk anak yang lebih besar yang bisa mencerna jus buah segar, Anda bisa memberinya jus wortel segar.

Minyak Mustard Diresapi dengan Garam Batu

Kehangatan yang diberikan minyak mustard membantu meredakan tenggorokan yang tersumbat. Ambil 1 hingga 2 sendok makan minyak mustard suam-suam kuku dan campurkan setengah sendok teh garam batu ke dalamnya. Pijat minyak ini dengan lembut di dada dan punggung bayi lalu tutup dengan kain katun untuk memberikan kehangatan.

Terapi Uap

Obat alami flu pada anak juga dapat dilakukan dengan terapi uap. Nyalakan pancuran air panas dan biarkan uap menumpuk di kamar mandi. Dudukkan anak Anda di dalam uap selama 10 hingga 15 menit. Uap akan melonggarkan lendir dan akan membebaskan anak dari hidung tersumbat. Pastikan anak Anda cukup terhidrasi sebelum dan sesudah perawatan ruang uap karena ia akan kehilangan banyak cairan.

Air Lemon Dicampur dengan Madu

Lemon kaya akan vitamin C yang efektif dalam melawan flu. Peras beberapa jus lemon dalam segelas air hangat, dan tambahkan madu untuk rasa. Obat ini paling cocok untuk anak-anak yang lebih tua yang telah pernah mengonsumsinya.

Hal lain yang juga dapat dilakukan untuk mengobati flu pada anak, yaitu dengan:

  • Menggunakan saline
  • Menggunakan air humidifier untuk menjaga kelembapan dan membersihkan udara sekitar
  • Berkumur dengan air garam

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan obat flu alami

  • Hindari penggunaan minyak, ramuan, atau obat-obatan untuk obat flu alami bagi bayi di bawah usia 6 bulan.
  • Pastikan bayi Anda tidur 18 jam, dan balita atau anak yang lebih besar tidur minimal 8 jam saat pilek dan batuk.
  • Jangan gunakan madu untuk anak-anak yang berusia kurang dari 1 tahun. Hal ini dapat menyebabkan gangguan yang disebut botulisme bayi (suatu bentuk keracunan).
  • Ajak anak Anda yang sudah lebih besar untuk menggunakan sapu tangan dan mencuci tangan mereka agar terhindar dari infeksi. 80% infeksi menyebar melalui sentuhan.
  • Ketahui apakah anak Anda memiliki alergi pada makanan tertentu sebelum Anda memberinya obat flu alami. 
  • Berikan ASI sebanyak yang Anda bisa. ASI memiliki banyak antibodi yang membangun kekebalan tubuh.
  • Saat flu, anak Anda mungkin kehilangan nafsu makan, jangan paksa memberikan makanan kepada mereka. kendati demikian, tetap perhatikan asupan makanan mereka yang bergizi.
  • Pastikan anak Anda tetap hangat dengan memberikan pakaian yang sesuai. 
  • Cobalah resep obat flu alami pada diri Anda sendiri sebelum memberikannya pada anak Anda.
  • Jaga kebersihan rumah selalu. Disinfeksi benda-benda yang sering Anda gunakan.

Obat flu alami telah banyak digunakan oleh berbagai masyarakat di seluruh dunia. adalah perlu untuk mengetahui dengan tepat obat flu alami manakah yang cocok untuk anak sehingga tidak menimbulkan dampak lain yang negatif serta gejala dapat berangsur menghilang. Namun, jika kesehatan anak Anda tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan, Anda harus segera membawanya ke dokter. 

Agar Anda terkoneksi dengan dokter yang tepat untuk bertanya lebih banyak tentang obat flu alami pada anak, Anda dapat chat dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.

Leave a Reply