Teh Dilmah Ceylon, Cita Rasa Unik yang Kaya Manfaat

Teh Dilmah Ceylon, Cita Rasa Unik yang Kaya Manfaat

teh dilmah

Teh Dilmah merupakan salah satu produsen teh yang mengutamakan kualitas dan keaslian tehnya. Salah satu teh yang digunakan adalah teh Ceylon khas Sri Lanka. Sebenarnya teh ini berasal dari daun teh Cammelia sinensis seperti teh pada umumnya, namun teh Ceylon memiliki rasa yang lebih segar dan kandungan antioksidan yang lebih tinggi. 

Teh Ceylon dipercaya memiliki banyak khasiat, mulai dari meningkatkan metabolisme dan mencegah penyakit. Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat teh Dilmah Ceylon. 

Apa itu teh Ceylon?

Teh Ceylon terbuat dari daun teh (Cammelia sinensis) menjadi berbagai jenis teh seperti teh oolong, teh hitam, teh hijau, dan teh putih. Sedangkan Ceylon sendiri diambil dari tempat dimana daun teh tumbuh. Ceylon merupakan salah satu wilayah di Sri Lanka. 

Iklim dan faktor lingkungan membuat rasa, karakter, serta kandungan nutrisi dalam teh Ceylon berbeda-beda. Teh Dilmah sendiri lebih sering menggunakan teh hitam Ceylon dalam produknya, misalnya dalam Dilmah Strawberry Tea dan Dilmah Peach and Lychee Tea. 

Kandungan nutrisi dalam teh Ceylon

Teh Ceylon terbagi menjadi beberapa varietas tergantung pada tempat tumbuhnya. Semua varietas teh Ceylon hanya mengandung sedikit kafein dan mineral, termasuk mangan, kobalt, kromium, dan magnesium. Namun kadar kafein akan meningkat jika diolah menjadi teh hitam, yaitu sekitar 50-90 mg kafein per cangkir.

Teh Ceylon merupakan sumber antioksidan yang baik, terutama myricetin, quercetin, dan kaempferol. Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan dan melindungi dari penyakit kronis. Teh hijau Ceylon juga mengandung senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. 

Manfaat kesehatan teh Ceylon

Teh Ceylon diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat teh Ceylon pada teh Dilmah yang telah terbukti.

  1. Menurunkan berat badan

Penelitian membuktikan bahwa meminum secangkir teh hitam Ceylon hangat secara rutin dapat membantu mengurangi berat badan dan penyerapan lemak. Senyawa tertentu dalam teh Ceylon mengaktifkan enzim tertentu yang terlibat dalam metabolisme lemak. 

  1. Menstabilkan gula darah

Salah satu manfaat antioksidan dalam Teh Dilmah Ceylon adalah mencegah diabetes. Meminum teh Ceylon setiap hari dapat menjaga kadar gula darah tetep stabil bahkan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan dan tanpa pradiabetes. 

Varian teh hijau Ceylon efektif menurunkan hormon insulin, hormon yang mengatur gula darah. Penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi teh secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Teh hitam dan teh hijau Ceylon dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, termasuk mengurangi kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), dan trigliserida. Namun hasil penelitian lain beragam sehingga dibutuhkan penelitian lebih dalam.

Catatan

Teh Dilmah Ceylon menghadirkan karakter teh Ceylon yang kuat dengan rasa asli khas Srilanka. Namun jika Anda lebih menyukai sajian yang kaya rasa, maka Teh Dilmah Strawberry patut dicoba. Varian ini terbuat dari perpaduan Ceylon Black Tea yang menghasilkan cita rasa lembut dan aroma buah strawberry yang menyegarkan.

Teh Dilmah paling baik diseduh dengan cara direndam dalam air panas, lalu tunggu hingga warna tehnya keluar. Jika ingin lebih pekat, Anda bisa merendam tehnya lebih lama. Kemudian diminum dalam kondisi hangat. 

Teh Dilmah bisa diminum kapan saja, baik pagi ataupun sore. Namun jika Anda memiliki toleransi kafein yang rendah, hindari meminum teh di malam hari sebelum tidur karena bisa menyebabkan insomnia.

Leave a Reply